TEKNOLOGI
GAME
Teknologi game terdiri dari dua kata, yaitu Teknologi dan Game. Teknologi adalah keseluruhan fasilitas untuk menyediakan sesuatu yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu tujuan.
Sedangkan Game adalah permainan yang menggunakan interaksi antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Game adalah proses yang dilakukan sistem atau perangkat keras yang diberlakukan dalam upaya untuk mendukung kinerja dari game.
Sejarah
dan perkembangan teknologi game di dunia
Sudah tidak asing lagi bagi kita
ketika mendengar kata Game. Setiap tahun selalu ada saja game versi baru
karya tangan-tangan kreatif dunia yang disajikan dengan free di media. Bukan
hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun banyak yang gemar bermain game.
Lalu bagaimana teknologi game berkembang?
- Teknologi Game Generasi Pertama (1952-1975)
Teknologi Game pertama kali
diciptakan oleh A.S. Douglas tahun 1952 di Universty of Cambridge yaitu OXO
untuk mendemonstrasikan tesisnya mengenai interaksi antara komputer dan
manusia.
Kemudian Douglas berkreasi lagi
dengan menciptakan game versi Tic-Tac-Toe yang diprogram pada komputer EDSAC
vaccum-tube yang memiliki layar CRT (Cathode Ray Tube).
Kemudian William Higinbotham menciptakan
game Tennis for Two pada tahun 1958 yang dimainkan di osiloskop. Game sederhana
yang menampilkan lapangan tennis dari samping ini memperlihatkan seolah bola
dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melewati net.
Pada tahun 1961 dimana komputer merupakan
barang yang bisa dikatakan sangat mewah, Steve Russel membuat game bernama
Spacewar karena ketertarikannya dengan kisah fiksi ilmiah karangan Edward E
Smith yang berjudul Skylark.Memanfaatkan pekerjaannya yang
menggunakan komputer mainframe MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan
statistik, Steve membuat Spacewar.Video game mengalami awal
perkembangan pada tahun 1996 oleh mahasiswa-mahasiswa pada tahun itu
memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada di kampusnya untuk menyalurkan
kreatifitas.Kemudian menjadi lebih berkembang
lagi ketika untuk pertama kalinya dirilis perngkat video game pada tahun 1972
untuk pasar rumahan Magnavox Odyssey yang dihubungkan dengan televisi.
Tetapi pada tahun 1975 produsen
magnavox berhenti memproduksi odyssey karena berhasil mengenalkan mikroprosesor
berbasis konsol. Sebagai gantinya, Magnavox memproduksi Odyssey 100, yaitu
mesin yang khusus menyajikan game Pong.
- Teknologi Game Generasi Kedua (1976-1983)
Di Teknologi Game generasi kedua ini
biasa disebut sebagai debut pertama 8 bit atau kurang lebih 4 bit dalam
sejarah komputer dan video game. Pada tahun 1976, dunia game dihidupkan kembali
oleh Fairchild dengan karyanya yaitu VES (Video Entertainment System).
Di generasi kedua ini menjadi
primadona konsol game yang diantaranya adalah Fairchild Channel F, Magnavox
Odyssey versi 2, Attari 2600, dan Attari 5200.
Pada tahun 1980, berbagai produsen
konsol muncul dan menjadikan Atari 2600 sebagai konsep dasar. Sehingga
perkembangan dunia game menjadi semakin pesat.Generasi kedua ini juga ditandai
dengan game Arcade 3D pertama keluaran Atari yaitu Battlezone, Pac-Man keluaran
Namco, Game & Watch seri video game-handheld keluaran Nintendo, dan
juga APF yang mengeluarkan Imagination Machine yang merupakan add-on
komputer untuk video game rumahan APF MP-100.
Tetapi pada tahun 1983 eksistensi
dunia game mulai menurun karena kurang kreatifnya para pencipta game. Terlebih
lagi perkembangan PC semakin canggih, sehingga orang-orang lebih tertarik
membeli PC daripada membeli konsol video game.
- Teknologi Game Generasi Ketiga (1983-1986)
Konsol bernama Famicon/Nintendo
Entertainment System (NES) yang dirilis di akhir tahun 1983 menjadi gebrakan
baru yang diciptakan oleh perusahaan bernama FAMICOM di Jepang.
Konsol yang diciptakan FAMICOM ini
merupakan konsol yang pertama kali menampilkan gambar dan animasi resolusi
tinggi.
FAMICOM atau yang lebih dikenal
dengan Nintendo ini memiliki chip pengaman pada cartridge game mereka, sehingga
seluruh game yang akan dirilis harus dengan seizin Nintendo.
Kemudian muncul game legendaris yang
sampai saat ini masih memiliki banyak peminat, yaitu Super Mario.
Karena munculnya super mario yang
dengan cepat booming, banyak perusahaan sofware maupun hardware yang
menghentikan produksinya. Bahkan Nintendo memperluas pemasarannya ke Amerika.
Di era ini produksi Nintendo
mendominasi di Amerika dan merajai pasar video game, sehingga terjadi perang
konsol game antara perusahaan konsol game Nintendo dengan SEGA.
- Teknologi Game Generasi Keempat (1988-1993)
Teknologi Game generasi empat ini
disebut dengan generasi 16 bit yang membawa perubahan pada gameplay, tata
suara, grafik. Pada tahun 1988, Nintendo mendapatkan sambutan hangat oleh
dunia. SEGA yang menyaingi Nintendo, merilis generasi konsol selanjutnya yaitu
Sega Mega Drive.
Hal tersebut membuat persaingan
antara SEGA dan Nintendo semakin ketat. Meskipun konsol dari SEGA ini memiliki
gambar yang lebih tajam dan animasinya lebih halus dibandingkan Nintendo,
tetapi tetap saja Nintendo berada di titik penjualan tertinggi.
Nintendo kembali mengeluarkan konsol
generasi baru mereka pada tahun 1990, yaitu SNES (Super Nintendo Entertainment
System). Meskipun ada beberapa saingan produsen konsol seperti NEC dan SNK,
tetapi kedua konsol Nintendo tetap menduduki konsol terpopuler.
Pada tahun 1990 pula SEGA
mengeluarkan Sega Megadrive yang menyita perhatian para pencinta game, terutama
Amerika. Kemudian SEGA melanjutkan produksi di tahun 1991 dengan game Sonic the
Hedgehognya. Game tersebut juga membuat para pencinta game kareka kualitasnya
yang jauh lebih baik daripada Super Mario ciptaan Nintendo.
- Teknologi Game Generasi Kelima (1994-1999)
Pada tahun 1994, Atari kembali
meluncurkan konsol untuk menyaingi konsol dari SEGA dan Nintendo. Atari Jaguar
menyaingi kecanggihan SNES dan Mega Drive, tetapi penggunaannya yang sulit
membuat tertarik pencinta game. Terlebih lagi pada saat itu Sony mengeluarkan
konsol berbasis CD yang super legendaris.
Di Teknologi Game generasi lima
inilah muncul konsol game yang bernama playstation yang diluncurkan oleh Sony.
Generasi ini juga bisa disebut dengan era konsol 32 bit.
Konsol berbasis CD keluaran Sony
menuai sukses untuk keluaran pertamanya yang kemudian menjadi konsol terlaris
sepanjang masa. Karena merasa tersaingi, Nintendo meluncurkan Nintendo 64 dan
SEGA merilis .
- Teknologi Game Generasi Keenam (2000-Sekarang)
Teknologi Game generasi enam ini
masih dikuasai oleh Sony. Pada tahun 2000, Sony semakin merajalela dengan
merilis Playstation 2 yang berbasis DVD yang ukurannya lebih kecil. Xbox yang
merupakan keluaran Microsoft adalah satu-satunya saingan Playstation.Meskipun tampilan Xbox sangat tajam
dan berkualitas, tapi ternyata game Xbox tidak bisa mengalahkan populernya
Playstation 2. Sampai saat ini sony sudah meluncurkan Playstation versi ke
3, dan disusul versi ke 4.
Contoh teknologi game saat ini :
- - Augment reality
- - Virtual reality
- - Artificial inteligent
UNITY
3D
Unity
3D adalah teknologi baru yang berupaya membuat Game developer (Pengembang Permainan) lebih baik dan lebih mudah.Unity itu bagus dan penuh perpaduan
dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface
yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan
untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor
game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan
directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti
semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat
beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac,
Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
Unity ini adalah sebuah aplikasi
berbasis MultiPlatform, Apa itu MultiPlatform? MultiPlatform merupakan aplikasi
yang dapat beroperasi di banyak sistem operasi dan sanggup Mempublish ke banyak
format tipe file, misalnya : exe, apk,dan lain-lain.
Sejarah Unity :
Unity Technologies dibangun pada
tahun 2004 oleh David Helgason (CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante
(CTO) di Copenhagen, Denmark sesudah game pertama mereka GooBall, gagal lagi
dalam meraih sukses. Ketiganya menyadari nilai sebuah engine dan tool dalam
sebuah pengembangan game dan berencana untuk menciptakan sebuah engine yang
sanggup dipakai oleh semua dengan harga terjangkau. Unity Technologies menerima
proteksi dana dari Sequoia Capital, WestSummit Capital, and iGlobe Partners.
Pada tahun 2008, Unity melihat
kebangkitan iPhone dan menjadi game engine pertama yang melaksanakan dukungan
penuh pada platform tersebut. Unity kini di gunakan oleh 53.1% developers
(termasuk mobile game developer) dengan ratusan game yang dirilis baik untuk
iOS maupun Android. Pada tahun 2009, Unity mulai meluncurkan produk mereka
secara gratis. Jumlah developer yang mendaftar melonjak drastis semenjak
pengumuman tersebut. Pada April 2012, Unity mencapai popularitas yang sangat
tinggi dengan lebih dari 1 juta developer.
Kamu bisa mengunjungi WEB resminya
unity 3D dan downloadlah yang versi terbaru sampai juni 2015 ini ialah versi
5.0.2f1pada versi ini sudah di fix bug-bug dan kesalahan pada versi sebelumnya, yang
pernal aku alami yaitu tidak bisanya menulis Script “JavaScript” di
MonoDevelop-Unity.
Dengan Uity3D kita dapat membuat
game 3D, FPS dan 2d game bahkan Game Online, fitur" lain tentang Unity
berikut selengkapnya :
1. Membuat Game 2D / 3D
2. Membuat Game FPS
3. Membuat Game Online.
4. Dukungan Konversi : Mobile
Android, Iphone, Blackberry, Windows, Linux, Flash, Webplayer
5. Online Publish Google Play,
Android market (kita bisa jual tuh game :v :v)
6. Dukungan kode : C#, Javascript
dan Boo
7. Dukungan Extensi file, 3ds, obj,
fbx
8. Dll
Tools unity 3d :
The Scene Window
The scene window adalah tempat
dimana kamu dapat memposisikan objek dari game dan memindahkan objek
disekitarnya. Jendela ini memiliki bermacam-macam control dan detail yang dapat diubah.
The Game Window
The game window adalah tempat dimana pemain melihat
game, ketika kamu menekan tombol play untuk mengetest game maka game yang akan
ditest akan tampil pada jendela ini.
Hierarchy
Hierarchy merupakan panel tempat game objek
ditampilkan seperti camera, pencahayaan, dan model ditampilkan disini.
The
Project Panel
The project panel adalah tempat mencantumkan semua
elemen yang digunakan untuk membuat objek dari game didalam project.
The
Inspector
The inspector merupakan panel paling sensitive tempat
mengatur rotation,position dan scale dari game objek.
DESAIN
SKENARIO dan SCRIPT
Desain
Scenario
Desain scenario adalah suatu aspek untuk melengkapi
sebuah game, maksud dari desain scenario adalah urutan dari cerita (story)
didalam game agar game yang dibuat menjadi lebih menarik dan tidak monoton.
Game RPG merupakan game yang banyak menerapkan scenario, scenario itu membuat
game RPG menjadi lebih menarik bagi pemain nya.
Keuntungan
scenario pada game
- - Menjadikan game lebih berarti
- - Memberikan motivasi kepada pemain
- - Jika karakter melekat di hati pemain maka game akan menjadi terkenal
Kerugian
scenario pada game
- - Pendesainan memakan biaya yang tidak sedikit (mahal)
- - Memakan waktu untuk mendesain karakter dan urutan dari cerita
Script
Script merupakan kumpulan dari perintah perintah yang
membuat suatu karakter didalam game dapat berbicara dengan karakter lainnya
didalam game, berpindah tempat, melakukan sesuatu aksi dll. Semakin rumit atau
kompleks dari sebuah script maka game yang dihasilkan pun juga akan menarik.
ARTIFICAL
INTELIGENT PADA GAME
Artifical intelligent(Kecerdasan Buatan) adalah cara
membuat computer agar mampu berfikir dan bertingkah laku layaknya manusia.
Didalam dunia game AI tentu bisa diterapkan contoh nya adalah pada game pac man, mengapa pac man ?
dikarenakan pada game pac man musuh dari pacman dapat berpindah-pindah layaknya
manusia maka dari itu pacman menggunakan teknologi AI yang disebut State
Machine. Selain itu perilaku
cerdas pada game biasanya terletak pada NPC atau non player character dimana
NPC dapat bertindak layaknya manusia. Dengan adanya AI para pemain didalam game
tertantang untuk memainkannya, selain itu game yang diterapkan AI menjadi sulit
diprediksi dan menegangkan.
Apa
Saja AI Dalam Game
1.
Finite-State Machine
Finite-state
machine (FSM) adalah algoritma prosedur yang akan menjalankan perintah sesuai
dengan langkah-langkah yang telah disertakan sampai akhirnya mencapai titik
akhir (tujuan).Finite-state
machine memiliki tiga komponen, yaitu state (pernyataan untuk aksi atau tingkah
laku), transition (kondisi yang memengaruhi keadaan), dan initial state (posisi
awal berjalannya state).Terkadang,
state memiliki dua transisi (bolak-balik) untuk menuju ke state lainnya.
Tergantung dengan aturan yang telah ditentukan. Artinya, state tersebut dapat
terjadi secara berulang-ulang.
2.
Behavior Tree
Behavior
tree adalah kumpulan beberapa perintah (task) sederhana yang tersusun dalam
bentuk tree di mana task tersebut dapat digunakan kembali. Behavior tree
memiliki tiga komponen, yaitu condition (perintah yang menguji sebuah kondisi),
action (perintah untuk memberikan aksi), dan composite (posisi perintah di atas
condition dan action).
Terdapat
dua jenis composite, yaitu selector (yang akan kembali ke composite ketika
salah satu kondisi children di bawahnya sukses. Jika ada yang gagal maka akan
dicoba terus. Jika tidak ada children yang tersisa maka akan kembali ke keadaan
failure) dan sequence (yang akan kembali ke composite ketika salah satu kondisi
children di bawahnya gagal.
Jika
ada yang sukses maka akan dicoba terus. Jika tidak ada children yang tersisa
maka akan kembali ke keadaan success).
Tekhnik
pada game artificial intelligent
Movement
Salah satu bagian terpenting dalam ai adalah movement
atau pergerakan, dalam movement terdapat suatu algoritma diantaranya :
- - Two dimensional movement
- - Static
- - Kinematics
- - Kinematic movement algorithm
- - Steering behaviors
- - Combining steering behaviors
- - Predictive physics
- - Jumping
- - Coordinated movement
- - Motor control
- - Movement in the third dimension
Pathfinding
Pathfinding adalah suatu pergerakan dari tokoh atau
karakter game kearah tertentu, algoritma yang digunakan pada pathfinding adalah
algoritma djikstra.
Decision
Making(Membuat Keputusan)
Decision making atau membuat keputusan merupakan
bagian paling penting didalam AI dikarenakan dengan decision making NPC atau
non playable character mampu membuat keputusan layaknya manusia dan dapat
menentukan apa yang dilakukan nya.
Bagian
didalam decision making
- - Decision trees
- - State machine
- - Behavior trees
- - Fuzzy logic
- - Markov system
- - Goal oriented behavior
- - Rule based system
- - Blackboard architectures
- - Scripting
- - Action excecution
Daftar Pustaka
Klikmania. 2017. Sejarah dan Perkembangan Teknologi
Game di https://www.klikmania.net/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game/
(diakses pada 17 Maret 2019).
Duniaku. 2018. Konsep Kecerdasan Buatan Game di https://www.duniaku.net/2018/03/27/konsep-kecerdasan-buatan-game-telltale/2/
(diakses pada 17 Maret 2019).
Mashable. 2018. Technology evolves gaming di https://mashable.com/2017/11/20/technology-evolves-gaming/#13Xi2MD5oOqo
(diakses pada 17 Maret 2019).
Eventkampus. 2018. Apa Itu Unity 3D di https://eventkampus.com/blog/detail/1474/apa-itu-unity-3d
(diakses pada 17 Maret 2019).
Creighton,Ryan Henson.2010.Unity 3D Game Development by Example.Birmingham: Packt Publishing
Ltd.
Moore,Michael E.2011.Basics
of Game Design.Boca Raton: Taylor and Francis Group.
Millington,Ian,John Funge.2009.Artificial Intelligence for Gamers Second Edition.Burlington:Elsevier.
0 komentar: